On Boarding & Knowledge Transfer

When:
10 March 2020 @ 08:30 – 11 March 2020 @ 17:00
2020-03-10T08:30:00+07:00
2020-03-11T17:00:00+07:00
Where:
Fave Hotel Melawai
Jl. Melawai IV No.3-11
RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Contact:
wahyu
021-7265174 / 0896-1856-1568

On Boarding & Knowledge Transfer

Mengoptimalkan Karyawan dan Transisi Menjadi Produktif, Serta Bagaimana Memanfaatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Karyawan Berpengalaman

 

  • Apakah Perusahaan anda saat ini sedang berjuang dengan high employee turnover rates?
  • Apakah perusahaan anda kehilangan employee retention atau shorter Retention sehingga perusahaan kehilangan karyawan terbaik?
  • Apakah dalam proses knowledge transfer diperusahaan anda tidak berjalan efektif sehingga merugikan pada keberhasilan atau target perusahaan?

Banyak perusahaan saat ini sedang berjuang dengan karyawan yang tinggi tingkat Turnover, retensi karyawan lebih pendek, dan kurangnya efektif proses transfer pengetahuan – masing-masing dapat memiliki efek merugikan pada keberhasilan perusahaan. Permasalahan yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini sebenarnya mampu di antisipasi melalui manajemen Onboarding yang tepat. Onboarding sendiri mengacu pada proses di mana karyawan baru memperoleh keterampilan pengetahuan dan perilaku agar  menjadi efektif dan dapat berkontribusi terhadap perusahaan. Onboarding adalah proses penting bagi organisasi untuk mengembangkan karyawan tentang bisnis, budaya perusahaan, dan untuk memastikan mereka menyesuaikan diri dengan cepat ke peran baru mereka.

Seorang karyawan pengalaman akan membentuk persepsi mereka tentang perusahaan, dan pada akhirnya dapat mempengaruhi keputusan mereka untuk tinggal atau mencari pekerjaan di tempat lain. Tanpa strategi onboarding yang efisien, bisa memicu disengagement dan turnover di perusahaan.

Salah satu proses dimana karyawan yang sudah berpengalaman bisa berbagi atau mendistribusikan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku mereka kepada karyawan yang baru atau menggantikan mereka biasa disebut Knowledge Transfer, Program yang relative baru dalam Training and development. Bagi banyak perusahaan, Knowledge Transfer menjadi semakin kritis, terutama mengingat populasi besar Baby Boomers bergerak menuju pensiun. Bagi perusahaan yang sedang mempersiapkan eksodusmissal ini, banyak yang berjuang dengan cara efektif mentransfer informasi dan keterampilan yang dimiliki ‘Generasi Baby Boomers’ untuk para karyawan yang pada akhirnya akan menggantikan mereka.

Apa yang Anda Peroleh Setelah Mengikuti Pelatihan Ini?

  1. Peserta memahami apa yang dimaksud program
  2. Peserta memahami tools serta metode dalam program Onboarding termasuk salah satunya adalah Knowledge Transfer dalam suasana yang menyenangkan.
  3. Peserta mengembangkan Creative Tools Onboarding (misalnya; melalui BOARD GAME) sehingga mampu menerapkannya di Perusahaan.
  4. Peserta mampu membuat Program Onboarding di perusahaan agar mampu membuat karyawan memiliki loyalitas terhadap perusahaan.

Siapa yang Harus Ikut Pelatihan Ini?

Human Resources/Human Capital Senior Manager, HR/HC Professional atau Praktisi HR/HC,Talent Development/ Organization Development Staff, Business Unit Leaders/ Pimpinan Unit Bisnis, PimpinanPoyek.

Apa yang dipelajari dalam Pelatihan Ini?

Modul 01 Overview of Onboarding, implementasi dalam perusahaan saat ini.
Modul 02 Mendesign Value Based Culture agar dapat di iintegerasikan kedalam Onboarding
Modul 03 Melakukan Gap Analysis & Bagaimana membuat Onboarding Program Plan
Modul 04 Metode Creative Tools dalam melakukan Onboarding menggunakan Board Games.
Modul 05 Knowledge Transfer.tantangan dalam era digitalisasi.
Modul 06

Modul 07

Modul 08

Model in Processes of Knowledge Transfer

Board Game Café, untuk pengembangan Knowledge Transfer.

Board Game Café, untuk pengembangan tingkat lanjutan.

   
 

Leave a Reply