Restructurization; Methode for Effectively Preventing, Rescuing and Credit Settlement

When:
18 October 2017 @ 08:30 – 19 October 2017 @ 17:00
2017-10-18T08:30:00+07:00
2017-10-19T17:00:00+07:00
Where:
Aryaduta Semanggi
Jl. Garnisun No.8
Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Indonesia
Contact:
Restu
087878021778

Langkah konkrit mengupayakan penanganan masalah kredit secara maksimal dan efektif

  • Apakah Anda memahami konsep penanganan kredit dengan baik dan efektif sehingga dapat menyelesaikan masalah kredit secara optimal ?
  • Bagaimanakah metode, skema, dan cara penyelesaian kredit dari sisi kreditur dan debitur yang efektif ?
  • Apakah Anda memiliki team dengan level komunikasi dan negosiator sekaligus eksekutor dalam menangani restrukturisasi kredit ?
  • Seberapa efisienkah team Anda dalam memahami penanganan penyelesaian kredit ?

Dalam dunia usaha, kredit merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan perekonomian. Dalam kaitan tersebut, industri perbankan memainkan peran penting sebagai salah satu lembaga utama dalam menyalurkan kredit ke pihak yang memerlukan atau pelaku sektor industri. UU no 10 tahun 1998 menyebutkan kredit sebagai ; penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan pesetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

Seiring dengan banyaknya variabel yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan dalam menjalankan bisnis, akan berdampak pada tingkat kemampuan debitor untuk memenuhi kewajibannya melunasi utang sesuai waktu yang telah ditentukan. Pelaku usaha yang karena satu dan lain hal gagal memenuhi target pencapaiannya, akan mengalami kesulitan dalam membayar utangnya. Kondisi gagal melunasi kewajiban tersebut lebih dikenal dengan istilah kredit macet.

Restrukturisasi kredit (hingga penghapusan kredit macet), merupakan konsekuensi logis yang sering dipergunakan dalam industri perbankan sebagai upaya dalam menangani masalah kredit. Restrukturisasi dipergunakan sebagai upaya perbaikan yang dilakukan terhadap dibitur yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya.

Bagaimanakah penanganan kredit sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kredit yang menguntungkan kedua belah pihak secara efektif dan efisien ?

Apa yang Anda Peroleh Setelah Mengikuti Pelatihan Ini?

1. Mampu melakukan identifikasi atas penanganan kredit dengan baik, efektif dan efisien.
2. Mampu membuat Action Plan dengan efektif atas penanganan masalah kredit.
3. Memahami metode penanganan restrukturisasi penanganan kredit untuk meminimalkan pengambilan keputusan yang kurang tepat dan membuat skala prioritas, sehingga dapat mengelola waktu dan aktivitas dengan optimal.
4. Mengatur kegiatan restrukturisasi penangangan masalah kredit berdasarkan sesuatu yang penting dan mendesak secara efektif dan efisien.
5. Melakukan pengambilan keputusan yang efektif, sehingga mengurangi penggunaan waktu yang tidak diperlukan.

Siapa yang Harus Ikut Pelatihan Ini?

Direktur, Manajer dan supervisor, collection recovery departmen, pengambil keputusan dari Industri perbankan, multifinance atau industri yang memiliki keterkaitan erat dengan masalah kredit serta para profesional, pemerhati collection.

Apa yang dipelajari dalam Pelatihan Ini?

Modul 1. Konsep restrukturisasi sesuai kaidah perbankan dan implementasinya.
Modul 2. Dasar hukum pelaksanaan program restrukturisasi vs kondisi aktual.
Modul 3. Restrukturisasi sebagai sebuah metode pencegahan, penyelamatan serta penanganan kredit secara efektif.
Modul 4. Menerapkan prinsip pareto dalam restrukturisasi kredit sebagai Impactful Activity. Antara pengembangan sistem, pengembangan tim dan operasional rutin.
Modul 5. Pengukuran Resiko Kredit, metode penyelamatan kredit dan pilihan penyelesaiannya.
Modul 6. Negotiation Skills in credit restructurization.
Modul 7. Consultative credit restructurization techniques
Modul 8. Studi kasus pilihan penyelamatan kredit

Leave a Reply