Manajemen Emosi Diri, Temperamen & Kontrol Customer Dalam Penagihan

When:
15 November 2017 @ 08:30 – 17 November 2017 @ 17:00
2017-11-15T08:30:00+07:00
2017-11-17T17:00:00+07:00
Where:
101 Sedayu Dharmawangsa
Jl. Darmawangsa 9
Pulo, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Indonesia
Contact:
Budi
021-7265174/087885708124

•Apakah Anda ingin melatih tim collection yang lebih peduli sebagai wakil perusahaan, negosiator, advisor dan bagian dari Customer Service yang maksimal?

•Seberapa efisienkah strategi, dan cara yang dijalankan tim collection Anda selama ini? Apakah benar-benar bisa memberikan dampak yang diinginkan serta melalui cara-cara yang etis dan tidak berlawanan dengan hukum?

•Bagaimana peningkatan kemampuan mengontrol emosi tim collection dalam menghadapi situasi konflik berbanding lurus dengan omset penagihan ?

Kekerasan dalam penagihan yang terjadi belakangan ini mengajarkan kita akan pentingnya pengelolaan emosi, temperamen dan kontrol diri bagi para Debt Collector khususnya, dan pemimpin perusahaan, sebagai pengambil keputusan. Pasal 62 – UU Perlindungan Konsumen menyatakan: Terhadap pelanggaran yang mengakibatkan luka berat, sakit berat, cacat tetap atau kematian …dapat dijatuhkan hukuman tambahan berupa ….(2). Kewajiban penarikan barang (jasa) dari peredaran; (3) Pencabutan izin usaha. Dilain pihak, gaya hidup yang semakin materialistis dan konsumeristis, membuat godaan terhadap uang meningkatkan resiko fraud dan penyimpangan karyawan. Derren Brown dalam video hasil risetnya menunjukkan bahwa bahkan eksekutif level direktur pun “tanpa sadar” dapat terprogram untuk mencuri sambil melupakan resiko terhadap hancurnya masa depan.

Temperamen & Emosi merupakan area bawah sadar, yang perlu diaktifkan kemampuan untuk mengontrolnya, melalui tehnik khusus seperti De-Anchoring, Metaphore, Self Awareness & Realization. Selanjutnya, teknik pengenalan kondisi emosi dan temperamen diri, pembuatan program rem otomatis (mendadak sadar) dan pengenalan kondisi yang menciptakan situasi emosional, perlu dikuasai. Terdapat 6 tingkat kompetensi manajemen emosi, dan ini memerlukan pengetahuan dan penguasaan teknis yang memadai, lebih dari sekedar peningkatan aspek religiusitas seseorang. Beragam latihan menghadapi situasi emosional, serta pembahasan video kasus yang dimiliki, akan sangat membantu dalam pembelajaran peserta.

Selama 3 hari, Workshop MANAJEMEN EMOSI DIRI, TEMPERAMEN & KONTROL COSTUMER DALAM PENAGIHAN yang telah mengalami penyempurnaan materi ini, dimana selain bersifat teknis aplikatif (drill for skills), yang memungkinkan pengukuran kompetensi dengan indikator perilaku, juga ditambah pembahasan aspek hukum, metode rekrutmen dan monitoring bawahan, dalam konteks emosi dan kontrol diri, akan menjadi wajib diikuti karena didasarkan pada technical, practical skills yang telah diuji coba pada hampir 1.000 kolektor pada sebuah perusahaan keuangan terbesar di Indonesia, yang mengalami masalah budaya kekerasan baik psikis maupun verbal dalam menagih. Beragam testimoni tersedia, dan bagi yang membutuhkan inhouse training, dipersilahkan untuk menghubungi langsung mereka yang sudah merasakan kualitas pelatihan ini, hingga tingkat eksekutif dalam pengukuran perubahan kompetensi maupun hasil (business result).

Apa yang Anda Peroleh Setelah Mengikuti Pelatihan Ini?
1.Memahami esensi dari emosi dan temperamen, serta cara mengontrolnya.
2.Memahami pengaruh emosi dalam efektivitas kerja dan kehidupan sosial lainnya.
3.Memahami batasan yang diperbolehkan oleh Hukum di Indonesia (UU Perlindungan Konsumen, KUHP, KUHAP) sebagai batasan untuk emosi dan temperamen ketika dalam penagihan.
4.Memanfaatkan koridor yang optimum agar maksimal dalam bekerja (Covenant Aspects).
5.Mengendalikan bahkan memanfaatkan emosi dan tempramen demi keberhasilan kerja dan keluarga (Anger Management).

Siapa yang Harus Ikut Pelatihan Ini?
Para Manajer, Supervisor, Senior Staff Departemen Penagihan di Indonesia.

Apa yang dipelajari dalam Pelatihan Ini?
Modul I  Aspek Hukum, Prinsip Dasar Penagihan, Beragam Situasi Penagihan, Dan Implikasinya Bagi Manajemen Emosi Dan Temperamen
Modul II  Metode Menagih Profesional: Menimbulkan Rasa Yang Tepat Melalui Kemampuan Mempengaruhi Yang Prima (Influencing Skills)
Modul III  Hukum Pikiran & Emosi Serta Implikasinya Bagi Aktivitas Penagihan
Modul IV     Esensi Dari Emosi: Fakta, Tehnik, Aplikasi
Modul V     Memahami Temperamen Dan Emosi Labil: Mengapa, Bagaimana, Pengukuran Dan Dampaknya Dalam Pekerjaan
Modul VI  Memahami Kecenderungan Emosi Anda Berdasarkan Pendekatan Tipologi (Metaprogram NLP)
Modul VII    Beragam Metode Pengendalian Emosi Dan Temperamen Dalam Situasi Penagihan
Modul VIII    Latihan & Role Play, Dilanjutkan Dengan Group & Individual Therapy

Leave a Reply