FINANCIAL CREDIT: RATING & SCORING

When:
25 October 2017 @ 08:30 – 26 October 2017 @ 17:00
2017-10-25T08:30:00+07:00
2017-10-26T17:00:00+07:00
Where:
Hotel Aryaduta Semanggi
Jl. Garnisun No.8
RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, DKI Jakarta, DKI Jkt 12930
Indonesia
Contact:
Budi
021 - 7265174

Identification Risk Parameter, Developing & Operating Strategy

  • Anda tahu bagaimana membaca credit rating dari nasabah atau customer Anda? Bagaimana identifikasi parameter resikonya, pengembangan, serta strategi mengelola resiko dengan baik?
  • Apakah Anda paham konsekuensi berinvestasi pada perusahaan dengan peringkat BBB? Atau ketika membeli obligasi pada perusahaan dengan peringkat BB, B, atau CC?
  • Bagaimana Anda mengatasi permasalahan dalam mengembangkan credit scoring di perusahaan tempat Anda bekerja? Sudahkah Anda menemukan implementasi, monitor, dan evaluasi kinerja Credit Risk Scoring yang efektif di perusahaan Anda selama ini?

Financial Credit Management adalah tindakan penciptaan nilai ekonomis pada perusahaan dengan cara mengelola resiko yang dihadapi, terutama Credit Risk dan Market Risk. Untuk melaksanakannya, dibutuhkan pengenalan terhadap sumber resiko, mengukurnya, dan kemudian menanganinya. RISK MODELING, adalah suatu cara menangani resiko dengan menggunakan teknik-teknik umum ilmu ekonometri, untuk menentukan resiko agregat pada suatu portfolio keuangan.
Risk Modeling memanfaatkan berbagai teknik untuk menganalisa suatu portfolio dan membuat perkiraan kerugian yang mungkin terjadi atas beragam resiko kredit. Banyak perusahaan besar keuangan menggunakan Risk Modeling untuk membantu Manajer Portofolio dan Manajer Kredit dalam menilai resiko dari setiap aplikasi kredit/penjualan, penilaian persetujuan kredit otomatis, jumlah cadangan kapital yang perlu dijaga, dan untuk membantu menentukan tingkat pembelian dan penjualan berbagai aset keuangan.

Para pemberi pinjaman misalnya bank, multifinance, micro financing, koperasi simpan pinjam, pengelola kartu kredit, dan perusahaan telekomunikasi seluler, menggunakan CREDIT SCORING untuk mengevaluasi potensi resiko dari pemberian piutang “dan atau penjualan produk” kepada para konsumennya, serta untuk mengurangi kerugian yang terjadi karena kredit macet. Pemberi pinjaman menggunakan Credit Scoring untuk menetapkan siapa yang berhak/qualified untuk mendapat pinjaman, berapa bunganya, serta batas kreditnya. Penggunaan Credit Scoring/Identity Scoring sebelum persetujuan/pemberian akses kredit, adalah implementasi sistem yang terjamin baik. Ini adalah arahan kedepan dalam system Risk Based Management Bank Indonesia.

Penggunaan Credit Scoring tidak terbatas pada industri perbankan saja. Organisasi-organisasi lain seperti instansi pemerintah dan swasta juga menggunakan teknik tersebut. Credit Scoring memiliki banyak persamaan metode dengan Data Mining, yang pada dasarnya juga menggunakan teknik serupa.

Apa yang Anda Peroleh Setelah Mengikuti Pelatihan Ini?
1. Memperoleh pandangan mengenai proses, metode mengukur risiko, dan makna credit rating dari agensi.
2. Mampu menerapkan sebuah pendekatan terstruktur terhadap corporate credit assessment.
3. Memahami manfaat credit scoring dalam keputusan kredit.
4. Mengetahui dan mampu menerapkan teknik-teknik yang dapat dipakai dalam membangun credit risk scoring model
5. Mendapatkan pengetahuan praktis tentang cara mengembangkan credit risk scoring, serta cara mengimplementasi dan mereview kinerja credit risk scoring.

Siapa yang Harus Ikut Pelatihan Ini?
Analis Kredit, Analis Risiko, Manajer Potofolio, Audit Internal, Advisor Rating, Bankir Investasi maupun Komersial, Fund Manager, Analis Ekuitas, Supervisor di lembaga perbankan, Administrasi Kredit atau Officer di bidang lain yang akan ditempatkan di bagian kredit/ analisis risiko serta masyarakat umum yang berkeinginan mempelajari scoring/rating.

Apa yang dipelajari dalam Pelatihan Ini?
Modul 1. Risk Overview & Management Information System (MIS)
Modul 2. Penilaian untuk Unsecured Loan, Mortgage Loan, Productive Loan
Modul 3. Scoring Overview
Modul 4. Credit Risk Scoring Development
Modul 5. Validasi & Penentuan Cut-Off Score
Modul 6. Pembuatan Scoring untuk Productive Loan
Modul 7. Penentuan Cut-Off Score untuk Productive
Modul 8. Strategi Penggunaan Scoring

Leave a Reply