Anticipating and Preventing Techniques of Money Laundering

When:
19 October 2017 @ 08:30 – 20 October 2017 @ 17:00
2017-10-19T08:30:00+07:00
2017-10-20T17:00:00+07:00
Where:
Hotel The 101 Sedayu Darmawangsa
Jl. Darmawangsa 9
Pulo, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Indonesia
Contact:
Kery
021-7265174 / 081282470704

Teknik Mengenal Nasabah Guna Mencegah Penipuan & Penggelapan Uang

Pernahkah Anda menghadapi nasabah yang mencurigakan di institusi tempat Anda bekerja, namun tidak menindaklanjutinya dengan optimal, karena tidak paham proses dan prosedur yang dibutuhkan?
 Seberapa cepat Anda memahami profil nasabah di depan Anda, dan bagaimana Anda mengantisipasi tindak pidana money laundering yang berlangsung sejauh ini?

 Apakah Anda ingin meningkatkan kejelian dan ketelitian Anda untuk mengetahui rekening yang digunakan untuk penipuan & pencucian uang?

Pencucian uang atau dalam istilah Bahasa Inggris dikenal dengan money laundering merupakan satu bentuk kejahatan kerah putih sekaligus dapat dikategorikan sebagai kejahatan serius (serious crime) dan bahkan bersifat transnasional (transnational crime).
Industri keuangan adalah sasaran empuk bagi para pelaku money laundry (pencucian uang illegal). Berbagai macam cara akan dicoba oleh pelaku money laundry dengan menggunakan kelemahan sistem keuangan di industri keuangan, dan tak tertutup juga kemungkinan dilakukan juga di industri non keuangan.

Lembaga keuangan yang seringkali menjadi sasaran tindakan pencucian uang diharapkan mempunyai peran yang signifikan dalam upaya mencegah dan memberantasnya. Oleh karena itu pemahaman terhadap aspek hukum, metode dan strategi pencegahan dan pemberantasan tindakan pencucian uang adalah suatu hal yang sangat penting.

Dalam upaya melawan kegiatan pencucian uang, M-Knows menjembatani kebutuhan tersebut melalui pelatihan Anticipating & Preventing Techniques of Money Laundering dengan penekanan pada Teknik Anti Money Laundering yang bersifat operasional, integratif, dan fokus pada hal-hal sensitif nasabah yang diketahui dari profil mereka.

Apa yang Anda Peroleh Setelah Mengikuti Pelatihan Ini?
1.Peserta mampu menerapkan pengetahuan, skill dan sikap yang diperlukan dalam mengidentifikasi transaksi keuangan yang mencurigakan, cara mengatasinya, serta melakukan proses pelaporan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2.Dapat lebih memahami dan mengetahui proses penelusuran jejak uang illegal hasil pencucian uang dalam transaksi perbankan dan investasi properti.
3.Memperkaya wawasan mengenai peranan PPATK sebagai financial intelligence unit dalam mendeteksi uang hasil tindak pidana pencucian uang serta proses penelusurannya.

Siapa yang Harus Ikut Pelatihan Ini?
•Pimpinan Cabang/Capem, Wakil Pimpinan Cabang/Capem, Compliance Manager, Legal Manager.
•Corporate Secretary, Investor relation, Accountant, Auditor, Internal Audit Division , Legal, Manajemen Resiko.
•Customer Service, Teller dan atau mereka yang akan diberikan tugas yang terkait dengan operasional Know Your Customer (KYC) di perbankan maupun institusi keuangan dan non keuangan.

Apa yang dipelajari dalam Pelatihan Ini?
Modul 1 Pemahaman Komprehensif: Anti Money Laundering
Modul 2 Peraturan-peraturan dari institusi terkait mengenai Pencegahan dan
Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang
Modul 3 Identifikasi Transaksi Money Laundering
Modul 4 Kepatuhan dan Mekanisme Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang oleh
Lembaga Keuangan
Modul 5 Langkah-langkah dalam Antisipasi &Pencegahan serta Pemberantasan Money Laundering
Modul 6 Pengawasan Terhadap Implementasi Prinsip Mengenal Nasabah/Pengguna Jasa Keuangan
Modul 7 Pembuatan Profil Nasabah dan Latihan
Modul 8 Studi Kasus

Leave a Reply