ACTUARIAL CALCULATION OF THE RISK VALUE Optimalisasi Pemahaman, Penerapan Serta Implementasi Aktuaria Dalam Konteks Manajemen Resiko dan Aktuaria

When:
14 September 2017 @ 08:00 – 15 September 2017 @ 17:00
2017-09-14T08:00:00+07:00
2017-09-15T17:00:00+07:00
Where:
Hotel Aryaduta Semanggi
Jl. Garnisun No.8
RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Indonesia
Contact:
Rayi
085920730602

Apakah Anda Sudah Memiliki Kompetensi yang Layak Sebagai Seorang Aktuaris ?
Apakah Anda Ingin Lebih Meningkatkan Kompetensi Sehingga Percaya Diri Sebagai Seorang Aktuaris ?
Apakah Team Yang Anda Miliki Saat ini Memahami sekaligus Kompeten Sebagai Aktuaris ?

Aktuaria merupakan ilmu yang mengaplikasikan metode matematika dan ilmu statistika untuk menaksir resiko. Seseorang yang ahli dalam mengaplikasikan metode tersebut disebut aktuaris. Secara umum, seorang aktuaris melakukan analisa persoalan-persoalan bisnis aktual yang menyangkut kejadian masa depan (termasuk resiko yang mungkin muncul) dan yang memberi dampak pada kerugian finansial serta berhubungan dengan besar pembayaran pada satu kurun waktu tertentu.

Industri yang bisnis utamanya menerima pengalihan atas resiko yang mungkin muncul dari seseorang/lembaga adalah asuransi. Sifat dari resiko tersebut adalah belum pasti atau belum tentu terjadi (kapan waktunya dan berapa kerugian yang diderita atas resiko tersbut). Untuk dapat menaksir kerugian tersebut, perlu dilakukan perhitungan dengan tepat dan cermat. Seorang aktuaris memerlukan alat pengukur resiko, diantaranya seperti annuity table, mortality table, mordibity table, dan statistik lainnya, sehingga resiko tersebut dapat di cover sesuai dengan premi yang dibayarkan dan tidak menjadikan beban (merugi) atas perusahaan asuransi.

Kebutuhan akan profesi aktuaris di Indonesia saat ini boleh dibilang cukup tinggi, sementara jumlah profesi tersebut masih sangat minim. Salah satunya adalah dengan semakin meroketnya bisnis asuransi serta semakin meningkatnya kualitas kehidupan seseorang dan perekonomian nasional. Profesi aktuaris tidak saja didominasi oleh perusahaan asuransi. Dana pensiun, broker, financial planner, rumah sakit, perbankan, konsultan aktuaria dan bisnis yang membutuhkan manajemen resiko finansial merupakan beberapa perusahaan yang mebutuhkan tenaga aktuaris. Minimnya tenaga aktuaris masih harus ditambah dengan pertanyaan atau pertimbangan lain menyangkut kualifikasi, kualitas dan kompetensi yang mereka miliki.

Apa yang Anda Peroleh Setelah Mengikuti Pelatihan Ini?
1. Meningkatkan pemahaman, ruang lingkup serta kemampuan mengembangkan prinsip-prinsip investasi dan manajemen aset.
2. Pemahaman metode perhitungan atas jumlah kewajiban dan beban atas program Imbalan Paska Kerja Karyawan sesuai dengan perhitungan akuntansi aktuarial.
3. Pemahaman prinsip nilai sekarang (present value) dan faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan dan penurun pada masa mendatang.
4. Pemahaman teknis tentang dasar peluang, random variable dan random distribution dalam menentukan nilai berdasarkan perhitungan matematika aktuaria sekaligus mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Pemahaman prinsip-prinsip dasar akuntansi, menganalisa laporan keuangan dan memahami pernyataan perusahaan.

Siapa yang Harus Ikut Pelatihan Ini?
Manager, Department Head, Leader, Supervisor, Staff pada Industri Asuransi, Perbankan, Multi Finance, Broker Saham, Konsultan, Rumah Sakit, Lembaga Pemerintahan atau para Professional dan Praktisi yang ingin Mempelajari, Mendalami Financial Management Risk and Actuaria baik secara konsep maupun praktek.

Apa yang dipelajari dalam Pelatihan Ini?
Modul 01 Pengertian, konsep dan prinsip dasar, ruang lingkup dari aktuaria.
Modul 02 Pengetahuan, perhitungan dasar dan sistem pelaporan PSAK 24.
Modul 03 Matematika Keuangan dan Matematika Aktuaria
Modul 04 Probabilita dan Statistika
Modul 05 Pemodelan dan Teori Resiko
Modul 06 Investasi dan Manajemen Aset
Modul 07 Manajemen Dalam Aktuaria
Modul 08 Aspek Aktuaria dalam beragam industri asuransi (Jiwa, Umum, Kesehatan) dan Dana Pensiun

Leave a Reply